Selasa, 20 Januari 2015

Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan Mu

Alhamdulillah ya Allah,, atas karunia Mu...( 1 - 9 Januari 2015)

1 Januari 2015, awal perjalananku ke tanah suci bersama kedua orang tua. Dari palembang berkumpul di bandara Sultan Mahmud badarudin 2 dari pukul 8.00 dan berangkat ke Jakarta pukul 11.45, yang kemudian langsung melaksanakan perjalanan ke Jeddah pukul 5 sore. Alhamdulillah selama 9 jam perjalanan sampailah ke Bandara King Abdul Azis Jeddah pada pukul kurang lebih jam 23.00 waktu setempat (perbedaan waktu Indonesia lebih dulu 4 jam dari Arab Saudi). Berangkat ke kota Madinah menempuh waktu kurang lebih 5-6 jam, dan kami sampai di kota Madinah pada pukul 7 pagi, disaat orang-orang sudah pulang dari shalat Subuh di Masjid Nabawi, dan kami putuskan untuk shalat Subuh di dalam kamar hotel. Setelah sarapan, mandi dan berganti pakaian kami pun turun dari hotel lt 7 menuju masjid Nabawi.
Kegiatan selama di kota Madinah banyak di lakukan di masjid Nabawi berlomba-lomba untuk shalat di dalam masjid, berfoto-foto, berbelanja untuk sekedar oleh2 dan lain-lain.

Alhamdulillah, ketika mengunjungi makam Nabi bertepatan dengan malam Maulid Nabi. Setelah mengucapkan salam kepada Nabi dan para sahabatnya, kami pulang ke hotel sekitar pukul 00.00.

Alhamdulillah selama melaksanakan ibadah di kota Madinah , di masjid Nabawi tidak ada halangan yang berarti dan di mudahkan segala jalannya.

Selanjutnya kami melakukan city tour ke beberapa tempat :
1. Masjid Quba, masjid yang pertama kali di bangun oleh Nabi Muhammad SAW
2. Jabal Uhud, adalah pegunungan tempat terjadi nya perang uhud kala itu
3. Perkebunan Kurma, sayang waktu datang kesana emang lagi bukan musimnya, jadi tidak melihat ranumnya buah kurma.
4. Jabal Magnet, dimana daya magnet yang sangat kuat ada disini
5. Peternakan Onta, sayang gak sempet minum susu Onta, cuma foto-foto doang sih

Pada hari ketiga rombongan sibuk packing untuk mengadakan perjalanan ke kota Mekah dan mengambil ibadah Umroh untuk pertama kalinya. Koper sudah siap jam 10.00 kemudian mandi ihrom niat buat umroh di hotel, untuk wanita di anjurkan untuk memakai pakaian ihrom dari Madinah dan untuk laki-laki memakai pakaian ihrom saat di tempat miqot di Bir Ali. Berangkat dari Madinah jam 14.00 waktu setempat di mana untuk shalat Zuhur dan Ashar di jamak langsung di masjid Nabawi.

Setelah sampai di Bir Ali, tempat melakukan miqor, kita shalat sunnah 2 rekaat umroh di sana, kemudian setelah masuk bis kita mulai niat umroh.
setelah berniat umroh, maka larangan-larangan mulai berlaku disini:
1. untuk laki-laki dilarang memakai pakaian di jahit, menutup kelapa, menutup kaki sampai ke mata kaki
2. untuk wanita dilarang memakai wangi-wangian, menutup muka dan telapak tangan, bertengkar, membunuh dll
selama dalam perjalanan kita mengucapkan kalimat talbiyah, perjalanan dari Bir Ali ke Mekah kurang lebih memakan waktu 5-6 jam.

Alhamdulillah setelah sampai di hotel Mekah sekitar pukul 9, kami makan malam di hotel dan kurang lebih sekitar pukul 23.00 waktu setempat kami langsung menjalankan rukun umroh, yakni thawaf, sa'i dan tahallul.
Yang berkesan saat mengambil ibadah umroh yang di awali niat di miqot Bir Ali adalah untuk menjaga ihrom, disini para wanita sangat tidak dibolehkan / di haramkan memperlihatkan aurat walaupun sehelai rambut pun kepada orang lain, meskipun itu dengan muhrim sendiri (wanita dengan wanita juga tidak boleh terlihat auratnya), maka jika ada yang melanggar akan di kenakan sanksi, bisa berupa fidiyah atau Dam(seharga seekor kambing)... Woow, sangat menegangkan bukan???

Dan selama menjalankan ibadah umroh kita juga menjaga wudhu, setelah melakukan thawaf (mengelilingi Ka'bah 7 kali) berdoa dan shalat sunnah 2 rekaat, maka dilanjutkan dengan Sa'i, dimulai dari bukit Safa ke bukit Marwah, kurang lebih 400 meter, sebanyak 7 kali. setelah menyelesaaikan Sa'i, maka rukun umroh akan selesai seteleh kita Tahallul (memotong rambut).

Subhanallah,, Alhamdulillah... Akhirnya selesai juga ibadah.

Setelah menunaikan ibaah umroh wajib dan melakukan perjalanan jauh, kami di berikan waktu untuk istirahat, jalan-jalan, foto-foto dan belanja oleh-oleh sekedarnya, serta ibadah lainnya.

Keesokan harinya kami melakukan ziarah dan City Tour kebeberapa tempat di Mekah :
1. Jabal Tsur, merupakan tempat persembunyian Rasulullah dan para sahabat ketika di kejar oleh kaum Quraisy
2. Jabal Rahmah, merupakan tempat bertemunya Baginda nabi Adam AS dengan Siti Hawa
 Selama perjalanan melewati padang Arafah, Mina, Musdalifah di mana merupakan tempat jemaah menunaikan haji dalam wukuf dan melempar jumroh.
3. Masjid Ji'ronnah, dimana di tempat ini rombongan melaksanakan shalat sunnah untuk mengambil ibadah umroh yang kedua (sunnahnya), melaksanakan niat dari miqot umroh kedua dari masjid ini.

Selama di tanah Suci mengisi waktu untuk mengambil Thawaf sunnah 7 kali mengelilingi Ka'bah, terkadang jam 10 malam atau jam 02 dini hari demi untuk menyentuh atau bahkan mencium Ka'bah dan Hajar Aswad. Alhamdulillah aku melakukan Thawaf sunnah ini sebanyak 2 kali plus 1 kali thawaf wadaa' (thawaf perpisahan sebelum pulang ke Indonesia), Alhamdulillah bisa shalat di Hijr Ismail dan mencium Ka'bah yang harum, namun sayang gak bisa nyentuh Hajar Aswad ( tapi ayahku dapat mencium Hajar Aswad setelah putaran ke 5 memisahkan diri dari rombongan..hehe). Mungkin dapat melaksanakan dalam umroh kedua dan selanjutnya... Aamiin...

Packing-packing, gak terasa sudah waktunya kami bersiap-siap kembali ke Tanah air, sebelum sampai ke bandara Jeddah, kami mampir ke Corniche Market, dimana di tempat ini terdapat banyak barang-barang lebih murah di Madinah dan di Mekah, bahkan ada toko yang bernama Toko ALi Murah, toko Sultan Murah.. hihihihi
disini kami makan bakso dan membeli pesanan, buah tin, zaitun dan kurma muda, ada juga yang belanja baju abaya, oleh-oleh dan lain sebagainya. Disini banyak yang murah-murah, sayang koper sudah di packing, jadi gak ada tempat buat nampung lagi selain belanjaan seadanya seukuran tas tenteng aja.
setelah berbelanja di sana, kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Masjid Terapung (yang ada tiangnya) di Laut Merah, foto-foto saat sunset, romantis sih, angin berhembus kencang. setelah itu melanjutkan perjalan kembali ke Bandara King Abdul Azis, shalat disana dan istirahat sembari cek in dan menunggu panggilan masuk pesawat Garuda Indonesia.

Alhamdulillah,, sampailah kami dengan selamat di Tanah Air di palembang pada tanggal 9 Januari 2015 pukul 19.00 waktu Indonesia bagian Palembang ;). Di sambut oleh sanak saudara.