Rabu, 21 Januari 2015

Pinocchio




Drama Korea 2014 sebanyak 20 episode ini mengisahkan tentang seorang anak dari keluarga bahagia seorang kapten petugas pemadam kebakaran, yang akhirnya berantakan karena suatu insiden kebakarana pabrik yang di fitnah bahwa atas kelalaian kapten sehingga menewaskan 9 anggotanya. Setelah kejadian ini, Ki Ha Myung (nama anak tersebut) beserta kakak (Ki Jae Myung) dan Ibu nya menghadapai cerecaan dari masyarakat dan reporter yang meliput berita tersebut yang mereka semua menganggap bahwa ayahnya masih hidup dan bersembunyi (padahal di episode selanjutnya di ketahui bahwa ayahnya sudah meninggal, mayat ny di temukan setelah bangunan pabrik tersebut di bongkar). Suatu hari kakak Ha Myung tidak pulang ke rumah, sedangkan ibunya sudah tidak kuat menahan penderitaan yang dia terima sehingga memutuskan untuk bunuh diri bersama Ha Myung. Melihat berita itu Jae Myung menyalahkan para reporter yang telah membuat kejadian ini.

Namun ternyata Ha Myung masih hidup dan di selamatkan oleh seorang kakek, yang menganggap Ha Myung adalah anaknya yng sudah meninggal yang bernama Choi Dal Po, sejak itu nama Ha Myung berganti Dal Po dan tinggal di desa, yang akhirnya disini di pertemukan dengan gadis seumuran nya yang bernama Choi In Ha, yang tak lain adalah cucu kakek yang telah menyelamatkan Dal Po, suatu ketika saat mereka menonton siaran di TV dan In Ha mengatakan bahwa reporter yang di TV tersebut adalah ibu nya, sejak itu Dal Po menjadi benci dengan In Ha, karena ibu nya adalah reporter yang telah menfitnah ayahnya dahulu yang menyebabkan ibunya bunuh diri. Mereka sekolah bareng, walupun di rumah mereka akrab (karena untuk menjaga kesehatan kakeknya) setelah di luar rumah mereka acuh tak acuh.
Seiring waktu kebersamaan mereka sampai di SMA, Dal Po mempunyai perasaan suka dengan In Ha, Dal Po yang selama ini pura-pura bodoh, dan tidak ingin di kenal rela untuk menepiskan ego nya sementara waktu dan ikut Lomba Kecerdasan di salah satu siaran TV (karena cemburu pada Ahh Chan Soo yang mengikuti lomba kecerdaasan dan akan menyatakan cintanya lewat TV), setelah Dal Po dan Chan Soo berhadapan sampai pada babak terakhir, Dal Po memberikan kesempatan menang ke Chan Soo (namun selama proses lomba, Dal Po membuktikan bahwa dia tidak sebodoh yang mereka kira sebelumnya). Dal Po sengaja mengalah saat babak terkahir karena dia tidak mau menjadi juara bertahan dan kembali ke TV.
Setelah tamat sekolah SMA, Dal Po tidak melanjutkan kuliah dan menjadi sopir taksi dan  membantu keuangan keluarga kakek itu yang sudah di anggap ayah nya sendiri. In ha setelah menyelesaikan kuliah sangat ingin menjadi reporter seperti ibunya dan berkali-kali di tolak karena penyakit yang di derita nya yaitu syndrome Pinocchio yang mana orang tersebut tidak akan bisa berbohong, jika berbohong mereka akan cegukan dan tak berhenti sampai mereka mengatakan yang sebenarnya.  Bahkan setelah melamar di perusahaan tempat ibunya bekerja, In Ha tretap tdak bisa di terima menjadi reporter. In Ha menjadi putus asa. Namun di hibur oleh Dal Po yang berjanji akan menemani In Ha untuk menjadi reporter.
Mereka melamar pekerjaan di salah satu stasiun media televisi YGN yang adalah saingan tempat ibu In Ha bekerja, namun sekali lagi In Ha gagal menjadi reporter disini. Dal Po menjadi benci melihat In Ha karena mengingatkan nya akan ibu nya yang telah menyebabkan keluarga nya hancur. In Ha pun menjadi kasir di salah satu mini market yang setiap pelanggan membayar dia kan menceritakan penderitaan yang di alami In Ha.
MSC stasiun televisi tempat ibu In Ha bekerja mengalami penurunan rating karena di nilai berita yang di suguhkan banyak bohongnya dan tidak dapat di percaya, yang membuat ibu In Ha ( manager Sung) mengajak In Ha menjadi karyawan magang  untuk promosi bahwa mereka mempunyai reporter Pinocchio dimana seorang Ponicchio tidak akan berkata bohong. Setelah menjadi reporter, In Ha berteman dengan seorang lelaki anak konglomerat Soe Boem Jo dan sering di pertemukan dengan Dal Po. In Ha pun jatuh cinta dengan Dal Po. Dalam salah satu kasus yang Dal Po coba selidiki, dal Po bertemu dengan kakaknya Jae Myung, namun Dal Po tidak menunjukan jati dirinya kepada kakakny, karena dia takut bahwa kakaknya yang sekarang sudah berubah dan menjadi seorang penjahat, bahkan menjadi orang pembunuh ( membunuh orang yang menfitnah ayahnya dulu).
Seiring waktu Dal Po menceritakan jati dirinya kepada kapten tempatnya bekerja dan kepada In Ha, In Ha pun menjadi sangat benci kepada ibunya yang kejam. Suatu ketika kakaknya Dal Po hendak mebalas dendam dengan manager Sung (ibunya In Ha) dan kepada anak nya manager sung, yang akhirnya di ketahui oelh Dal Po berhasil di gagalkan. Dal Po pun menceritakan bahwa dia adalah adiknya yang telah di ajak bunuh diri oleh ibunya. Akhirnya mereka pun kembali bersama, kebersamaan itu pun  sementara karena penyelidikan tentang pembunuhan yang dilakukan oleh Jae Myung dan kapten tempat Dal Po akan menyelidikinya, sehingga Dal Po meminta kasus ini untuk dia selesaikan sendiri.
Jae Myung akhirnya mau untuk menyerahkan diri dan masuk penjara dengan syarat Dal Po akan membalaskan dendamnya ke Manager Sung denagn cara Dal Po sendiri sebagai reporter. Akhirnya ada peluang yang membuktikan bahwa Manager Sung dan ketua (pemegang saham MSC yang ibu Seo Beum jo teman In Ha yaitu ketua Park) berkomplot atas pemberitaan fitnah yang di terima oleh ayah Dal Po, namun dengan resiko bahwa  In Ha akan di cap sebagai penghianat perusahaan seumur hidupnya dan akan menghancurkan masa depannya. Dal Po pun tidak setuju dan memilih jalan lain. Akhirnya ibu In Ha sadar akan kesalahannya dan akan membantu untuk membalaskan dendam kepada Ketuanya. Namun perjuangan nya sangat alot juga. Akhirnya anak ketua itu yang sudah menjadi sahabat In ha dan Dal Po menyerahkan diri ke kantor polisi, dan mengejutkan semua orang terutama ibu nya.
Karena sayang ibu yang sangat besar kepada anaknya, akhirnya ibu  Beum Jo (ketua Park Ro Sa) tidak dapat membendung semua kesalahan dan mengakui kesalahan-kesalahan yang sudah dia perbuat yang akhirnya menjebloskannya ke penjara.
Akhirnya semua berjalan dengan happy ending, walau agak memaksakan alur cerita episode terakhir. Manager Sung sudah sadar dan tobat serta mengundurkan diri dari dunia reporternya, Ketua Park masuk penjara, Beum Jo melamar kembali menjadi reporter tempat In Ha bekerja setelah sebelumnya berhenti atas permintaan ibunya. Dan terakhir In Ha dan Dal Po (Ha Myung) menikah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar