Jumat, 10 Oktober 2014

MATA SILINDER

Mata Silinder...????!!! apaan tuh.....wkwkw
awal cerita nya beberapa bulan lamanya aku menderita kekakuan di daerah pundak, tengkuk/leher yang berkepanjangan, kurang lebih 6 bulan lamanyasudah berbagai macam cara dari urut, pijat, koyo, salep, minyak angin dll tp itu sakit dan nyeri gak ilang2. pandangan sih sempet kabur, dan silau yang sangat, namun tiu terjadi kadang-kadang aj,,, gak terlalu sering jadi tidak terlalu di perdulikan. akhirnya aku putuskan ke dokter, namun belum sembuh juga dan di anjurkan ke spesialis syaraf... (woooowww tatut), akhirnya aku kedokter lain dan ternyata aku di kasi rujukan ke dokter sp. mata dengan keterangan susp. astigm. setelah ke dokter sp. mata, hasilnya bener aku menderita mata silinder dan di suruh untuk pakai kacamata dengan resep kacamata yang akan di cari di optik nantinya.
jadi mata silinder itu apa? yang sering aku tanyakan pada teman ku yang pakai kaca mata adalah minus berapa? heheh, ternyata yang pakai kacamata tidak selalu minus toh...hehhe
akhirnya aku tanya dengan teman sekantor ku serta browsing tentang mata silinder. mata silinder itu adalah kelainan refleksi dari lensa mata. yang mengakibatkan sulitnya memfokuskan objek yang di lihat.



naaahhhh,,, begitulah kira-kira seperti pada gambar.
selain silinder, mata ku juga ternyata minus,, hasil yang aku dapat dari dr mata seperti dibawah ni...


left : 0.25 minus dengan silinder 0.25 sudutt 170 derajat
right: 0 minus dengan silinder 0.25 sudut 180 derajat

Perbedaan minus dan silinder :
pada mata minus, jika melihat jarak jauh, maka objek yang terlihat blur alias kabur semua, perhatikan gambar :
sedangkan pada mata silinder, maka objek yang terlihat sebagian saja yang kabur dengan objek dekat maupun jauh berdasarkan derajat tertentu dari 0 - 180 derajat, seperti pada gambar :
Naahh,, pada ngertikan sekarang.

Pengobatan dan penyembuhan.... katanya untuk mata silinder tidak bisa di sembuhkan kecuali dengan operasi mata yaitu operasi lasik (( wooowww menyeramkan....)). karena menurut penjelasan yang aku terima bahwa mata minus itu adalah kerusakan pada kelenturan syaraf mata untuk bisa memfokuskan objek jauh, sedangkan mata silinder itu adalah kerusakan pada lensa yang tidak rata sehingga titik fokus tidak rata.
tetapi tetap ada tips buat yang terkena penyakit ini :
1. Olah raga mata, dengan membuka mata dan mengerakkan ke kiri dan ke kanan
2. Kompres mata dengan air hangat sebelum/ saat tidur biar otot mata tidak tegang
3. Hindari kebiasaan buruk yah yang menjadi faktor penyebab mata silinder
4. Menjaga kebersihan mata, bisa dengan tetes mata yang bisa di dapat di supermarket atau minimarket
5. Menggunakan suplemen mata, kemaren aku di kasih oleh dokter mata : Vitanorm (cendo)
6. Minum air putih yang banyak, ini adalah sangat penting bagi tubuh. begitulah yang di ucapkan dr josephine

Penyebab mata silinder ada beberapa macam nih,,, sebaiknya dari sekarang dihindari deh yah...hehe
1. Faktor keturunan.
    Mungkin ada salah satu keluarga yang pernah menderita mata silinder, sebaiknya di cek yah.
2. Radiasi cahaya
    Menonton TV terlalu dekat, main game di hape maupun maen PS yang terlalu sering, pekerjaan yang     selalu di depan komputer.
3. Kurang Vitamin A. Perhatikan asupan gizi yah
4. Terkena penyakit mata tertentu.

Demikian berbagi informasi tentang Mata Silinder, semoga bermanfaat yah.....!!!




5 komentar:

  1. waaaahhh... kox mirip sekali ya dengan yang aku rasakan..
    kalau aku mata kanan silinder+minus tapi mata kiri Normal..
    jadi rasanya gak enak banget.. kadang bisa sampai seperti mual itu.. hadeeewwwhhh...

    tapi btw thanks.. blog ini cukup informatif..

    BalasHapus
  2. waaahhhh bener banget iniii aku gak tau kenapa leher pegel.. pusing bangeet .. ampe kirain darah tinggi.. gataunya aku silinder 2.75 huufff

    BalasHapus
  3. Suplemen dari dokter membantu kak?

    BalasHapus
  4. Min 0.25 cyl 0.25 harskh memakai kaca mata ka?

    BalasHapus