Selasa, 11 Februari 2014

The Hunger Games

Alkisah disuatu daerah yang dinamakan districk 12 suatu daerah miskin. Seorang gadis bernama Katniss hidup dengan adiknya, Prim dan ibunya. Katniss suka berburu dengan ditemani oleh sahabatnya Gale.
Setiap tahun Capitol yang merupakan pemerintahan dari districk yang berjumlah 12 tersebut mengadakan permainan yang sadis untuk mengenang pemberontakan 74 tahun yang lalu. The Hunger Games yang ke 74. Setiap orang dikumpulkan di suatu lapangan untuk dipilih menjadi atribute, peserta game tersebut. Peserta yang dipilih berumur antara 12-16 tahun. Peserta yang dipilih disetiap districk berjumlah 2 orang. 1 perempuan dan 1 laki-laki.

Pada saat pemilihan yang dilakukan oleh wakil capitol yaitu wanita yang nyentrik, Allie. Pemilihan pertama pada peserta perempuan, ternyata yang terpilih adalah Prim, adiknya Katniss, saat Primrose dipersilahkan untuk naik ke atas panggung. Katniss yang sangat sayang kepada adiknya, mengajukan diri untuk menggantikan posisi adiknya dalam permainan saling membunuh untuk menjadi pemenang, karena dia tau adiknya takkan sanggup mengikuti permainan yang mempertaruhkan nyawa seperti itu.
Setelah disetujui Katniss jd peserta. Kemudian peserta laki-laki terpilih adalah Peeta, anak dari tukang roti. Setelah pemilihan, mereka berangkat ke Capitol untuk pelatihan dan test individu. Dengan mentor mereka adalah Haymith, pemenang beberapa tahun lalu dari districk 12 yang pemabuk.
Katniss menjadi perhatian setelah memanah apel di tengah juri, saat testnya berlangsung dan dengan kostumnya yang berapi-api serta cerita cinta yang dibuat oleh Peeta.
Setelah dipersiapkan, 24 peserta di kumpulkan di suatu arena lapangan mengelilingi bekal senjata dan bahan untuk bertahan hidup. Dimana mereka harus saling membunuh, untuk mendapatkan itu.
Katniss terpisah dari Peeta dan melihat peserta lain saling membunuh untuk mengambil tas dan senjata, sehingga dia memutuskan  untuk bersembunyi lari ke hutan dan mengambil tas yang sempat di ambil peserta lain yang sudah terbunuh.
Dia lari kehutan sendiri untuk bertahan hidup. Sampai dia ditemukan peserta lain yang bersekutu untuk dibunuh, kemudian dia naik ke atas pohon. Peeta, yang merupakan sekutu yang juga teman districk 12 nya, mengusulkan pada sekutu lain untuk menunggu dibawah sampai Katniss turun. Rue, peserta districk 11 yang seumuran adiknya Prim, menolong Katniss dengan memberitahu untuk menjatuhkan sarang semut yang beracun yang dapat mengakibatkan korban mengalami halusinasi berat bahkan kematian. Peserta yang menunggu Katniss dibawah pohon salah satu nya mati dan yang lain sempat lari, sedangkan Katniss sendiri tergigit, mencoba turun dari pohon dan terjatuh kemudian pingsan. Saat tersadar dia mendapati sekujur tubuh di tutupi dedaunan obat. Katniss ditolong untuk kedua kali nya oleh Rue, dan mereka berjanji untuk saling menjaga dan mengatur rencana dengan kode suara burung Mockingjay.
Saat menjalankan rencananya, Rue terjebak diperangkap, Katniss berhasil mengeluarkan Rue, namun tak lama kemudian Rue terbunuh oleh peserta lain. Katniss pun membunuh orang yang telah membunuh Rue dengan panahnya. Katniss mengelilingi tubuh Rue dengan bunga putih, dan sebelum bergi, dia menyampaikan salam ke arah kamera pengintai yang ditonton seluruh negeri dengan isyaratnya. Sedangkan disisi lain ayah Rue yang menonton menyampaikan salam yang serupa yang dilanjutkan dengan memberontak ke petugas didaerah tersebut.
Kembali ke Katniss, pembawa acara pun mengumumkan bahwa pemenang akan ada 2 orang dengan districk yang sama. Katniss pun mencari Peeta, dan menemukan Peeta menyamar jadi bebatuan dengan kaki yang terluka.
Keadaan Peeta semakin buruk dan Katniss rela mengambil obat yang disediakan panitia dengan resiko dapat terbunuh oleh peserta lain. Dan ternyata benar, dia hampir terbunuh, namun diselamatkan oleh teman Rue. Kemesraan yang ditampilkan Katniss dan Peeta yang di tonton semua orang termasuk Gale. Membuat Gale cemburu.
Di tempat yang berbeda, ruang kontrol dan pembuat game tersebut mengirim anjing ganas untuk membunuh peserta yang tersisa termasuk yang pernah menyelamatkan Katniss, temannya Rue. Katniss dan Peeta pun dikejar oleh ketiga mahluk itu sampai pada suatu tempat yang disediakan panitia yang cukup tinggi sehingga anjing tidak dapat meraihnya. Namun ternyata disana sudah ada musuh besarnya Cato menunggu mereka. Mereka pun berkelahi dan akhirnya Cato jatuh dan di makan oleh anjing-anjing tersebut. Dan anjing-anjing tersebut pergi.
Disaat semuanya akan berakhir panitia permainan dari Capitol membuat peraturan baru bahwa hanya akan ada satu peserta yang hidup yang akan jadi pemenang. Peeta meminta agar Katniss membunuhnya, tapi Katniss tidak mau, malah memilih untuk mati berdua dengan memakan berry beracun.
Keputusan Capitol pun berubah dan membiarkan keduanya untuk hidup. Dan menjadi pemenang the Hunger Games ke 74 tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar